PONDOK PESANTREN AL-JAUAHAREN. Jln.KH.Ahmad Majid. Tanjung Johor. Seberang Kota Jambi. Indonesia.
Al-Jauharen Cup Cup Cua Slideshow: Al-Jauharen’s trip to Jambi, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Jambi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.

Tips menghapal Al-Quran

Bismillahirrahmanirrahim

Ikhwah sekalian,
Salah satu diantara keajaiban Al Qur'an adalah bahwasannya Alloh telah memudahkan Al Qur'an untuk dihafalkan, dan diingat,
Sebagaimana Firman Alloh : "Walaqod yassarnalqur'aana liddzikri fahal min muddakir"
Artinya : "Dan sungguh telah kami mudahkan Al Quran sebagai peringatan, maka apakah ada orang yang mau mengambil pelajaran ?" QS Al Qomar.
Nah, bagi ikhwah dan akhwat sekalian yang masih merasa sulit untuk menghafalkan Al Qur'an, bisa mencoba tips-tips berikut ini , semoga bermanfaat :

  1. Hendaknya niat kita menghafal Al Qur'an ikhlash karena Alloh, bukan karena mengharapkan hasil yang lain,  misalnya : niatnya menghafal Al Qur'an tercampur keinginan untuk ikut lomba hafalan Al Qur'an. Ini penting karena menyangkut diterima-atau tidaknya amal ibadah antum disisi Alloh 'Azza wajalla.
  2. Pastikan dalam menghafalkan Al Qur'an, antum dalam keadaan suci dari hadats.
  3. Pilihlah tempat yang kondusif untuk menghafal dengan melihat content yang akan kita hafal. misalnya kita menghafalkan sesuatu yang membutuhkan analisa maka lebih tepat kita berada di tempat terbuka; misalnya di taman, di serambi rumah dll. maka akan memudahkan kita memahami pelajaran yang kita hafal.
  4. Pilih waktu yang tepat, waktu yang longgar , misalnya sebelum sholat subuh dan sesudahnya, atau disetiap sebelum atau sesudah sholat 5 waktu.
  5. Hafalkan Al Qur'an dengan maknanya (kita tahu arti dari ayat-ayat yang kita hafalkan), Sebelum menghafal, kita baca terjemahannya, tentunya akan lebih baik lagi jika antum bisa bahasa arab, dan tahu tentang i,rob kalimat.
  6. Dalam tekhnik menghafal, setiap individu akan berbeda cara untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada yang lebih cepat hafal dengan membaca saja dengan suara yang keras, ada yang dengan menuliskan ayat-ayat yang dihafal, atau ada juga yang lebih cepat dengan mendengar murottal. nah ini adalah tugas antum untuk tahu dengan cara yang mana antum dapat  lebih efektif dan cepat menghafal, atau antum akan menggunakan ketiga-tiganya ya tidak masalah.
  7. Mulailah dengan ayat per ayat dan jangan terburu-buru, selesaikan satu ayat kemudian lanjutkan dengan ayat berikutnya, untuk melanjutkan ayat yang ketiga dan seterusnya antum harus sudah hafal benar ayat-ayat sebelumnya.
  8. gunakan Sistem sabaq, sabqi, manzil. Sabaq adalah hafalan baru. Sabqi adalah hafalan yang kemarin kita hafalkan. manzil adalah hafalan 1 Juz yang telah lewat. di setiap harinya dalam menambah hafalan maka wajib disertakan pula hafalan kita yang kemarin. Dan setiap telah selesai 1 juz maka wajib mengulangnya ketika memasuki juz berikutnya.
  9. Sebuah pantangan bagi penghafal Al Qur'an adalah memiliki rasa iri dan dengki. Jika antum memiliki perasaan tersebut maka buang dulu perasaan tersebut, dan selesaikan dulu masalah antum, karena itu akan sangat mengganggu.
  10. Muroja'ah hafalan, lebih baik lagi jiga dibaca ketika sholat malam. dan memang ciri khas seorang penghafal Al Qur'an adalah rajin sholat malam.
akan tetapi dalam menghafalkan Al Qur'an  maka kita membutuhkan tempat yang jauh dari keramaian dan tidak banyak berinteraksi dengan manusia maupun lingkungan, misalnya di masjid, dikamar pribadi, dan yang semisalnya. Itu akan menambah kekhusyu'an antum dalam menghafal.
Contoh : Pagi ini kita menghafalkan Surat Al Qolam, maka itu disebut sabaq. setelah selesai dilanjutkan dengan mengulang Surat Al Mulk yang kemarin sudah kita hafalkan, itu namanya Sabqi, lalu nanti ba'da dhuhur atau sebelumnya kita murojaah 1juz ke belakang yaitu juz 30.
Demikian seterusnya. Jangan menambah hafalan baru sebelum hafal benar surat yang kita baca.



                                                                                     Sekian dulu tips dari ana, 
 


                                                                                                      TTD
Wa akhiru da'wana anilhamdulillahi robbil'alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Proklamasi